9 Des 2012

Mahfudzot, Quotes dan Motivasi Warisan Ulama (download)



Saat saya masih menjadi calon pelajar di Gontor dulu, saya sangat terinspirasi dengan pelajaran yang satu ini. Pelajaran Mahfudzot namanya. Dalam Mahfudzot kita tidak diajarkan hitung-hitungan, tidak mengajarkan diagram atau statistik. Pelajaran pertama saya dalam mata pelajaran mahfudzot ini hanya satu kata: man jadda wajada, من جد وجد
kata ini diulang-ulang berkali-kali di ruangan itu. Dan kemudian Ustadz saya yang keliahatan kurus dan masih sangat muda itu kemudian menuliskan artinya: "yang bersungguh-sungguh pasti dapat!".

Kemudian saya merenungi betapa mahfudzot ini memiliki nilai motivasi dan filosofi yang tinggi. Dia dihafal agar menjadi pegangan hidup. Dan diajarkan turun temurun dari generasi ke generasi sebagai sumber semangat yang menerangi para penuntut ilmu agar tidak tersesat dalam perjalanan mencapai prestasi tertingginya.

Bagi para alumni Gontor, pondok-pondok alumni, atau mungkin aliyah-aliyah yang pernah mendalami dan belajar tentang pepatah-pepatah dan kata-kata mutiara ini mungkin sudah mengetahui betapa dalam nilai-nilai motivasi, spiritual, dan kemanusiaan yang terkandung di dalam kumpulan mahfudzot ini.

saya tidak tahu pasti dari manakah mahfudzot ini dikumpulkan. Dan siapa pula yang memilihnya di antara kata-kata/syair-syair arab yang lain. Saya pernah mendengar seorang ustadz di gontor mengatakan bahwa mahfudzot ini diajarkan oleh seorang arab dari Maroko, yang kala itu singgah di pulau jawa. Sang musafir ini kemudian mengajarkan bait-bait dan kata-kata mutiara tersebut kepada Pak Zarkasyi, yang juga adalah pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor.

Setelah beberapa tahun lulus dari pondok, saya kemudian teringat akan pelajaran ini yang banyak memotivasi saya untuk mencapai hasil maksimal dalam segala aktifitas saya, kemudian saya berusaha mencari di internet apakah ada bentuk file yang bisa didownload, dan alhamdulillah saya menemukannya, akan saya share di sini, dan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua

download mahfudzot kelas 1
download mahfudzot kelas 2
download mahfudzot kelas 3
download mahfudzot kelas 4
download mahfudzot kelas 5




2 komentar:

Contact

Talk to us

Anda dapat menghubungi Mohammad Izdiyan Muttaqin melalui beberapa cara berikut.

Address:

DD Ross Village 1 Blok E5 Jl. Tanjung, Rt 04 Rw 05 Padurenan, Kec. Gn. Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16340

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 4pm

Phone:

+6281311448187

Flickr Images